Tirta Bulian Berita dan Kegiatan

PDAM Tirta Bulian Launching Pembayaran Online

PDAM Tirta Bulian Launching Pembayaran Online MedanBisnis – Tebingtinggi.

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bulian Kota Tebingtinggi me-launching pembayaran rekening dengan sistem online, Rabu (3/8), di Jalan Pusara Pejuang Kota Tebingtinggi.

Launching pertama dilakukan Walikota H Umar Zunaidi Hasibuan yang membayar rekening air PAM rumah dinas walikota. Sebelumnya, H Umar Zunaidi Hasibuan, Wakil Walikota H Oki Doni Siregar bersama direktur PDAM Tirta Bulian Erwin Putra, Kepala Bappeda Sumut, Dinas Tarukim Sumut, PT Pembangunan Prasarana, Bappeda Tebingtinggi dan Dinas Pekerjaan Umum melakukan pertemuan membahas tentang realisasi pembangunan spam regional. Umar mengatakan, pembangunan spam regional harusnya direalisasikan sesuai dengan rencana, karena hal ini juga akan membawa dampak positif bagi warga Kota Tebingtinggi. “Untuk menindaklanjutinya, kita akan segera bentuk satgas khusus menanganinya dengan ketuanya dari Bappeda Sumut dan personel dari instansi terkait. Orang-orang yang ikut dalam pertemuan ini pun saya yakin bisa dilakukan. Kita harus mengejar target nasional 100 persen air minum,” kata dia.

Tebingtinggi, kata Walikota, punya potensi sumber air yang cukup dari Sungai Padang. “Prospeknya ke depan spam regional ini saya percaya akan lebih baik. Dari pertemuan dengan pimpinan Pelindo II Pelabuhan Kuala Tanjung akan menjadi pelabuhan internasional, mereka juga berharap Tebingtinggi bisa mensubsidi air bersih untuk memenuhi kebutuhan mereka,” jelasnya. Yang terpenting, lanjut Umar, tidak hanya mampu membangun instalasi dengan menyiapkan dan memasang pipa-pipanya saja, tetapi lebih penting lagi adalah siap mensuplai airnya kepada masyarakat. Direktur PDAM Tirta Bulian Ewin Putra berharap, dengan dibukanya loket pembayaran online di beberapa tempat seperti Alfamart, Bank Sumut dan Kantor Pos, pelanggan akan lebih mudah membayar rekening airnya. “Saya berharap pelanggan semakin tertib dan disiplin lagi dalam membayar rekening airnya. Jika menunggak tiga bulan sambungan airnya akan diputus petugas,” tegasnya. Apalagi, lanjut Ewin, pencatatan meter melalui Android yang datanya akan diperoleh lebih akurat, tidak bisa dibuat main-main oleh petugas.

Segalanya akan terdata secara lengkap di database kantor PDAM Tirta Bulian. Dikatakannya, PDAM Tirta Bulian yang merupakan satu-satu perusahan daerah milik Pemko Tebingtinggi yang saat ini masuk 5 dalam PDAM kategori sehat di Sumut, selayaknya dibangun bersama-sama untuk lebih baik ke depannya. Sehingga bisa berkontribusi buat pembangunan Kota Tebingtinggi. (ali yustono)
sumber : http://mdn.biz.id/n/249577/

Alfamart Terima Pembayaran Tagihan Air PDAM Tirta Bulian

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN – Setelah menggandeng PDAM Tirtanadi untuk mempermudah pembayaran tagihan rekening air masyarakat di Kota Medan, kini PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (pengelola jaringan Alfamart) pun bekerjasama dengan PDAM Tirta Bulian untuk melayani pembayaran tagihan rekening air masyarakat Kota Tebingtinggi. Pengaktifan pembayaran rekening air melalui toko Alfamart ini mulai berlaku sejak 1 Juli 2016 kemarin.

Melalui rilis yang diterima tribun-medan.com, Kamis (4/8/2016) Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan, langsung melakukan ujicoba pembayaran rekening di Alfamart yang baru diresmikan di kantor PDAM Tirta Bulian, Tebingtinggi. Ia membawa nomor rekening PDAM miliknya, lalu mendatangi kasirAlfamart sambil menyertakan uang sesuai tagihan rekening air.

“Ini benar-benar mempermudah warga Tebingtinggi untuk melakukan pembayaran tagihan air. Tak perlu ngantre lagi di kantor PDAM. Enggak jauh-jauh lagi kalau mau bayar,” katanya usai menguji coba pembayaran rekening tagihan air di Alfamart.

Saat ini Alfamart menjadi satu-satunya ritel yang bekerjasama dengan PDAM Tirta Bulian sebagai alternatif untuk membayar tagihan rekening air. Direktur PDAM Tirta Bulian, Erwin, mengapresiasi kerjasama ini, yang pastinya akan mempermudah warga dalam melakukan pembayaran kapan saja.

“Di semua toko Alfamart bisa bayar rekening PDAM Tirta Bulian. Ini sangat praktis. Loket pembayaran kita jadi bertambah bagi konsumen. Kita berharap dengan semakin banyaknya pilihan akses pembayaran rekening air PDAM, dapat meningkatkan minat bayar tepat waktu oleh pelanggan. Semoga berdampak positif daN memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat khususnya pelanggan PDAM Tirta Bulian,” jelasnya.

Business Development Specialist Alfamart Medan, Royce Mawuntu mengatakan, komitmen kerjasama dengan PDAM Tirta Bulian ini untuk menegaskan kemudahan yang bisa ditawarkanAlfamart untuk konsumen.

“Prinsipnya kita ingin memanjakan pelanggan. Mau belanja sambil bayar rekening tagihan air sudah bisa. Nggak perlu jauh lagi. Tak harus antre panjang juga. Kita berharap layanan ini bisa memuaskan warga Tebingtinggi,” katanya.

Selain PDAM Tirtanadi dan PDAM Tirta Bulian, Royce memastikanAlfamart masih melakukan penjajakan dengan PDAM lainnya di seluruh wilayah Sumatera Utara. Dalam waktu dekat, tambahnya,Alfamart juga akan menjajaki kerjasama dengan PDAM Tirta Uli Siantar. Harapannya tetap untuk mempermudah warga melakukan pembayaran tagihan rekening air di jaringan toko yang dimiliki Alfamart. (raj/tribun-medan.com)

Penulis: Ryan Achdiral Juskal
Editor: Liston Damanik

Ewin Putra Dilantik Jadi Direktur PDAM Tirta Bulian

T.TINGGI | DNA – Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan secara resmi melantik Ewin Putra SE M.Si menjadi Direktur PDAM Tirta Bulian Tebingtinggi untuk masa jabatan 2015 – 2019 menggantikan Ir H Oki Doni Siregar yang kini menjabat Wakil Walikota Tebingtinggi,  di gedung Hj Sawiyah Jalan Dr Sutomo Kota Tebingtinggi.

Ewin Putra yang sebelumnya bertugas di PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara itu dilantik berdasarkan SK Walikota Tebingtinggi Nomor : 821.23/1205 Tahun 2015 tentang pengangkatan Direktur PDAM Tirta Bulian Kota Tebingtinggi.

Menurut Walikota Tebingtinggi, penerapan dan pengelolaan manajemen yang benar adalah kunci keberhasilan suatu perusaahaan. Untuk mencapai perusahaan yang sehat, mandiri dan professional, membutuhkan waktu dan tahapan secara berkala. “Program kerja yang dilaksanakan harus di evaluasi agar diketahui hal-hal yang belum tercapai, kendala yang dihadapi dan kelemahan yang dimiliki, untuk itu, semua stake holder terutama Pemko Tebingtinggi dan DPRD tentu akan memberikan dukungan sepenuhnya bagi peningkatan pelayanan PDAM Tirta Bulian”, kata walikota.

Pada kesempatan itu, Umar Zunaidi Hasibuan juga memberikan ‘pekerjaan rumah’ kepada direktur baru PDAM itu. Di antaranya, agar PDAM menambah kapasitas produksi air, pemeliharaan pipa sentral instalasi yang tua, juga melakukan pelatihan-pelatihan terhadap karyawan. “Diharapkan agar selalu melakukan terobosan-terobosan dan menyiapkan strategi guna mengatasi dan menyelesaikan segala permasalah yang ada”, katanya.

Menanggapi pesan-pesan Walikota Tebingtinggi itu, Ewin Putra mengatakan paham akan amanah yang harus diembannya. “Saya paham pesan Pak Wali, selepas kegiatan ini, kita akan segera konsolidasi untuk merealisasikan amanah itu,” ujar pria kelahiran Medan yang menyelesaikan S1 di Fakultas Ekonomi UMSU dan S2 di USU itu.

Jika dibandingkan dengan tingkat distribusi air bersih, PDAM Tirta Bulian saat ini mengalami over kapasitas pelanggan. Total pelanggan air PDAM mencapai 11.500 rumah tangga, padahal kapasitas air yang diproduksi hanya 140 m3 per detik. Untuk jumlah produksi ini, idealnya hanya bisa melayani 9.500 rumah tangga. Meski belakangan tengah dibangun instalasi tambahan dengan produksi air bersih 50  m3 per detik.

Sedangkan dari jumlah karyawan di PDAM Tirta Bulian, juga dalam kondisi inefisien. Pasalnya, saat ini PDAM Tirta Bulian memiliki 100 karyawan. Padahal, jika diukur berdasarkan rasio pelanggan dan karyawan, maka BUMD Pemko Tebingtinggi itu, tak sebanding, di mana 6 karyawan, idealnya melayani 1.000 pelanggan. Dengan demikian, rasio ideal  karyawan PDAM Tirta Bulian, sekira 67 orang saja. Sedangkan selebihnya merupakan karyawan yang justru menjadi beban bagi manajemen PDAM Tirta Bulian. Beban karyawan itu sendiri mencapai 35 persen dari rasio ideal perusahaan air minum, jelas sumber wartawan di PDAM Tirta Bulian.(dna/nov)

sumber : http://goo.gl/F6w4Xu